Rabu, 09 Maret 2011

LANKAH-LANKAH MEMBUAT LAPORAN PRAKERIN

LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI


CARA MERAKIT LAPTOP
PADA
SMK NEGERI 2 PEKANBARU
Di Jln.Patimura, No 14, Provinsi Riau



Oleh

Nama : Yona melisa putri
Kelas :XI TKJ 1
NISN :





PROGRAM KEHALIAN TEKNI KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 LUBUK BASUNG
2011
LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI


CARA MERAKIT LAPTOP
PADA
SMK NEGERI 2 PEKANBARU
Di jln. Patimura, No 14, Provinsi Riau



LaporaPpraktek Kerja industriIni Disusun Sebagai
Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti
Ujian Akir Nasional Pada
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Lubuk Basung

\

Oleh

Nama : Yona melisa putrI
  Kelas :XI TKJ 1
NISN :




PROGRAM KEHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 LUBUK BASUNG
2011



PENGESAHAN PERUSAHAAN


Laporan Praktek Kerja Industri (RAKERIN) ini telah disetujui dan disahkan
oleh pihak DU/DI :






CARA MERAKIT LAPTOP
Pada
SMK NEGERI 2 PEKANBARU
Di Jln. Patimura, No 14, Provinsi Riau







Mengetahui.                                                      Pembimbing Lapangan
Kepala Bidang Kehalian  Teknik Informatika
SMK Negeri  2 Pekanbaru



Lukman. SE, ccna                                                Sujona, Spd, MT
NRGTT  2005 42 734






PENGESAHAN SEKOLAH


Laporan Hasil Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah disetujui, dievaluasi dan disahkan oleh pihak sekolah  :





CARA MERAKIT LAPTOP
Pada
SMK NEGERI 2 PEKANBARU
Di Jln. Patimura, No 14, Provinsi Riau







Mengetahui.                                                            Guru Pembimbing
Kepala SMK NEGERI 2 Lubuk Basung



Drs. Muhammad Dinin                                                           Sondra
NIP. 131 847 955


KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penyusun panjatkan kehadiarat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga akhirnya penyusun dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan tenggat waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama penyusun mengikuti proses Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK NEGERI 2 PEKANBARU PROVINSI RIAU selama 3 bulan dari tanggal 5 Januari sampai dengan 26 maret 2011, Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah ditulis ini dibuat dalam rangka  memenuhi tugas dari sekolah dan sebagai bahan pertangung jawban atas kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di dunia usaha atau didunia industri (DU/DI) serta sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Akhir Nasional pada SMK Negri 2 Lubuk Basung.
penyusun banyak mendapatkan pengetahuan yang lain di dalam dunia industri dan yang terutama sekali penyusun juga banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut, akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan laporan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penuli mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini,antara lain:
1.      Bapak Drs. Muhammad Dinin selaku kepala sekolah SMK neeri 2 Lubuk Basung.
2.      Bapak Sondra selaku guru pembimbing yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan dalam penyusunan laporan ini.
3.      Bapak Lukman, SE selaku pimpinan TI di SMK Negeri 2 Pekanbaru yang telah bersedia menerima kami untuk melaksanakan PRAKERIN selama ± 3 bulan.
4.      Bapak Sujono,Spd, MT selaku pembimbing lapangan pada SMK Negeri 2 Pekanbaru yang telah bersedia membimbing kami melaksanakan PRAKERIN selama ± 3 bulan.
5.      Bapak/Ibuk Guru,Karyawan SMK N 2 Pekanbaru,Karyawan SMK N  2 Lubuk Basung, orang tua,kakak-kakak dan adik-adik serta teman-teman yang selalu setia mendorong dan memotifasi saya selama melakukan PRAKERIN dan menyelesaikan laporan ini
  Penyusun mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu penulis mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Semoga laporan ini berguna, khususnya untuk penyusun dan masyarakat pada umumnya.




                                                                                                        



                                                                                    Lubuk Basung, Maret 2011





                                                                                                        Penulis














BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

1.2 Tujuan

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :

1.  Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Lubuk Basung. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.

1.3 Manfaat

             Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :

1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah                    selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Lubuk Basung             dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi.
2. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3. Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Lubuk Basung

BAB II
ORIENTASI PERUSAHAAN

A. SEJARAH PERUSAHAAN
B. STRUKUR ORGANISASI PERUSAHAAN
C. DISIPLIN KERJA
BAB III
MERAKIT LAPTOP

  1. URAIAN TEORI
  2. URAIAN PERSIAPAN KERJA
  3. URAIAN KEGIATAN KERJA/PROSES KERJA
 
BAB IV
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
  2. SARAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar